Dauroh

a

 

PROGRAM DAUROH IBS – MUTIARA QUR-AN

Dauroh Tahfidz Al Qur-an merupakan salah satu program yang ditawarkan kepada calon penghafal Al Qur-an yang berusia minimal 17 tahun (lulus SMA/sederajat) dengan batas usia maksimal 25 tahun. Program ini memiliki tujuan untuk melahirkan hafidz Qur-an sekaligus dapat mengajarkannya kepada yang lainnya.

Program Dauroh ini berlangsung selama satu tahun dengan target menyelesaikan setor hafalan 30 juz dan tasmi’ 5 juz serta siap diuji publik minimal 5 juz. Penyelesaian program Dauroh satu tahun ini akan diberikan tanda kelulusan berupa Sertifikat yang dikeluarkan oleh Yayasan Daarul Mutiara Qur-an.

Program Dauroh Tahfidz Al Quran disertai dengan tafsir Al Quran 30 Juz, untuk memahami Al Quran. Program ini memiliki target kelulusan hafidz Quran sekaligus dapat mengajarkan isi kandungan Al Quran.

Dibuka kesempatan kepada peserta Dauroh untuk dapat melanjutkan ke program mutqin 30 juz pada tahun kedua, dengan target tasmi’ 30 juz dan siap diuji publik 30 juz. Penyelesaian program Dauroh lanjutan ini akan diberikan tanda kelulusan berupa Ijazah yang dikeluarkan oleh Yayasan Daarul Mutiara Qur-an.

Calon peserta Dauroh yang akan mengikuti program ini diharuskan sudah memiliki lancar membaca Al Quran, serta harus siap boarding selama masa pendidikan, tidak boleh membawa alat komunikasi dan menutup semua media sosial.

Calon peserta Dauroh akan melakukan penyeleksian dan pengecekan sebelum calon peserta dapat mengikuti rangkaian kegiatan dauroh.

Program Dauroh dibuka dengan jumlah santri 20 orang/tahun. Mereka wajib boarding minimal selama 1 tahun.

Target capaian Takhosus 1 tahun:

  1. Setor hafalan khatam 30 juz
  2. Minimal Tasmi 10 juz dan uji publik

Persyaratan

  1. Diutamakan santri yang sudah lulus SMA/sederajat.
  2. Memiliki kemampuan Bahasa Arab
  3. Minimal satu tahun boarding
  4. Diharuskan mengikuti pembelajaran mingguan materi Adab, Al Quran dan Hadist serta Bahasa Arab.

Wassalamu'alaikum

 

Kepala Program Dauroh IBS – Mutiara Qur-an