Enterpreneurship

PROGRAM ENTERPRENUER

Program entrepreneur merupakan program “kemandirian keuangan” bagi santri-santri. Santri-santri belajar langsung tentang menjemput rezeki Allah SWT dengan cara halal dan berkah. Disamping itu santri akan belajar mengelola keuangan pribadi sehingga mereka hanya menggunakan uang untuk keperluan atau kebutuhan saja, mereka dijauhkan menggunakan uang dari tuntutan keinginan-keinginannya. Hasil yang kami harapkan adalah santri-santri belajar menghargai uang, baik yang mereka terima dari orang tua maupun yang mereka peroleh dari hasil keringat sendiri.

Program Enterpreneur ini diimplementasikan melalui ekstrakurikuler di IBS Mutiara Quran adalah “Marketdays” dengan mengambil momen Zikir Akbar setiap Ahad pertama awal bulan. Jumlah jamaah yang hadir lebih 17.000 orang yang datang dari berbagai daerah di Indonesia, yang terbanyak dari propinsi Jawa Barat.

Santri Putra-Putri Mutiara Quran ikut menyemarakan acara zikir akbar ini dengan berbagai aktivitas, diantaranya khidmat berupa melayani jamaah yang datang, mengarahkan tempat-tempat sholat yang disediakan di sekitar mesjid, selain itu juga mengambil peran membersihkan lingkungan mesjid pasca zikir akbar bersama dengan santri-santri lainnya dari pondok pesantren yang berada di lingkungan az zikra.

Santri-santri menjual produk-produk az zikra seperti air minum, air alkali, air ruqiyah dan madu. IBS Mutiara Quran mendapat pelayanan penuh dari pihak az zikra dalam mendukung program ini. Hasil dari penjualan produk-produk ini, uangnya ditabung di sekolah yang akan digunakan oleh santri dalam mendukung program-program seperti “Berbagi Sesama Saudara” yaitu saling memberi hadiah yang di selenggarakan pada acara camping pada tanggal 9 – 10 Oktober 2018.

Selain itu, uang yang terkumpul akan digunakan untuk agenda besar yang akan direncanakan penyelenggaraannya pada bulan Maret 2019, yakni “STUDY TOUR 2019” dengan ambil negara tetangga SINGAPORE. Ini merupakan program Tahunan. Pada tahun 2018, santri-santri MQ melakukan STUDY TOUR 2018 ke negara Malaysia selama 3 hari 2 malam. Seluruh biaya akomodasi seperti, makan selama di Malaysia, kunjungan ke berbagai objek wisata serta ole-ole, semua sumber dananya “mandiri”, berasal dari uang yang dikumpul dari penjualan progam Marketdays dan tabungan dari uang jajan mereka.

Marketdays Tahun 2016 – 2017

Marketdays Tahun 2017 – 2018

Marketdays Tahun 2018 – 2019